info@edubuku.com 0882-164-35325
Bisnis
Bisnis Berkah, Untung Melimpah
23 June, 2015
0

Banyak dari para pebisnis yang melakukan berbagaicara untuk meraih target-target yang ditetapkan oleh perusahaan. Tak sedikit pula mereka melakukan hal-hal yang dilarang oleh Islam. Misalnya menggunakan riba (bunga) dalam transaksi bisnisnya, korupsi, suap-menyuap dan lain-lain.

Semua itu terjadi karena mereka belum menyadari bahwasannya bisnis itu bukan soal untung-rugi, melainkan sudah bicara surga-neraka. Oleh karenanya tak heran jika mereka berbuat demikian, karena yang mereka cari hanyalah keuntungan, keuntungan dan keuntungan semata.

Memang benar, keuntungan juga perlu dipikirkan, itu untuk menjaga agar perusahaan terus berlangsung. Meraih keuntungan yang sebesar-besarnya sangat dianjurkan. Tapi yang harus jadi titik fokus untuk kita sebagai pebsinis muslim adalah bagaimana cara kita meraih keuntungan tersebut, dengan cara apa, dengan metode apa? apakah cara-cara tersebut sudah diperbolehkan dalam islam? ataukah malah sebaliknya?

Diluar sana ada banyak motivator ataupun pelatih bisnis yang memberi pengetahuan tentang bagaimana cara menaikan keuntungan bahkan melipatgandakan keuntungan. Tapi, mereka kurang jitu dalam bicara apakah cara-cara yang mereka paparkan sudah sesuai dengan apa yang diajarkan oleh islam.

Karena kurangnya pengetahuan akan hal tersebut tak sedikit dari para pebisnis muslim banyak terjebak di bisnis-bisnis yang kurang berkah. Tak sedikit juga dari mereka merasa sudah nyaman dengan keuntungan yang besar tersebut sehingga mereka sedikit sulit untuk meninggalkannya.

Ada baiknya sebelum kita merumuskan target-target perusahan, kita juga harus memikirkan apakah cara-cara untuk meraih target tersebut sudah sesuai dengan ajaran agama islam. Jika belum, maka hentikan dan cari langkah lain. Jika sudah sesuai, selanjutnya tinga mengoptimalkan langkah-langkah tersebut agar sesuai dengan target perusahaan.

Bagi seorang pebisnis muslim, bisnis bukan hanya sekedar untung besar tapi juga berkah besar.

(adm)