info@edubuku.com 0882-164-35325
Jalan Terang Bisnis Syariah
30 June, 2015
0

 

Kartu-nama2-620x310Bisnis Syariah keberadaannya mulai diperhitungkan sebagai alternatif model ekonomi yang bisa dijalankan saat ini. Sesungguhnya Bisnis Syariah jangan hanya dijadikan alternatif, melainkan harus dijadikan solusi terhadap krisis ekonomi yang mendera dunia saat ini. Krisis global yang dirasakan dunia saat ini akibat dari system ekonomi kapitalis yang dianut selama ini. Barat yang selama beberapa dekade setia dengan sistem ekonomi kapitalis harus merasakan kenyataan pahit, diterjang krisis ekonomi yang sulit untuk dipulihkan.

Kondisi perekonomian dunia yang anjlok saat ini, menyadarkan banyak orang untuk beralih pada Bisnis Syariah. Dan tidak menuhankan lagi system ekonomi sekuler yang diusung negara-negara barat. Kenyataan berbicara, ekonomi yang berbasis syariah mampu bertahan terhadap terjangan krisis moneter beberapa waktu lalu. Kelompok-kelompok usaha kecil mampu bertahan dan bahkan bangkit meraih kesuksesan. Mampu mengambil alih roda perekonomian pada saat pelaku ekonomi raksasa meradang.

Perkembangan Bisnis Syariah di Indonesia sendiri cukup menggembirakan. Saat ini Bisnis Syariah tidak hanya dianut oleh kelompok pengusaha kecil dan perorangan. Pengusaha besar dan bahkan lingkup pemerintah mulai melirik Bisnis Syariah. hal ini dapat kita lihat dari banyaknya usaha syariah yang berdiri di bawah bendera naungan mereka.

Hal yang paling menarik karena perkembangannya sangat pesat, yaitu terjadi pada sektor perbankan. Jika dulu perbankan yang berskala kecil saja yang mau menerapkan sistem syariah, sekarang bank-bank raksasa yang merapkan sistem konvensional mulai berani menerapkan sistem syariah. Dan ternyata berdasarkan hasil penelitian, masyarakat lebih percaya menyimpan dananya di bank-bank syariah.

Pada saat bank-bank konvensional banyak yang mengalami masalah, bank-bank syariah tegar berdiri dan semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat. Kondisi ini mau tidak mau memaksa para pelaku perbankan untuk lebih memperhitungkan bank syariah.

Geliat Bisnis Syariah yang semakin menuju titik terang, tidak luput dari kesabaran para pelaku Bisnis Syariah untuk komitmen dalam menjalankan usahanya. Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah orang yang memahami ajaran Islam secara kaffah. Bahwa kegiatan bisnis termasuk dalam kerangka ibadah kepada Allah SWT.

Semakin maraknya Bisnis Syariah, sangat membantu para pelaku ekonomi dari kalangan rakyat kecil. Karena dalam sistem Islam, keuntungan harus dirasakan oleh kedua belah pihak tidak berdasarkan jumlah modal yang dimiliki. Sistem Islam pun menganut paham saling menolong, bukan sebaliknya pemodal besar menindas pelaku bisnis kecil. Sehingga para pelaku bisnis kecil punya peluang untuk meningkatkan usahanya, bahkan bisa jadi sejajar dengan pemilik modal besar, bukan suatu hal yang mustahil.

Di Indonesia sendiri masih banyak PR besar untuk semakin memasyarakatkan Bisnis Syariah. Pemahaman masyarakat tentang hal ini masih terbatas dan kurang mendalam. Sehingga praktek-praktek ekonomi yang bertentangan dengan syariah masih sangat mudah dijumpai. Misalnya ijon, rentenir, bunga bank, tidak jujur dalam jual beli, dan lain sebagainya.

Walaupun demikian kita harus tetap optimis untuk terus membangun Bisnis Syariah sehingga dapat meraih keberkahan dalam hidup ini

(adm)

referensi : finance-bisnis.blogspot.com