info@edubuku.com 0882-164-35325
Tips Membangun Tim Yang Efektif
13 July, 2015
0

atlantateambuilding

Ketika Anda membangun suatu bisnis dan bisnis Anda semakin berkembang, maka tim yang solid sangat dibutuhkan. Adanya sebuah tim yang kuat akan menunjang keberhasilan bisnis Anda, karena tanpa adanya kerjasama tim maka bisnis Anda tidak akan berkembang. Oleh karenanya penting untuk merekrut orang-orang yang terbaik dan membangun kerjasama tim yang efektif. Berikut beberaoa tips untuk membangun kerjasama tim yang efektif :


1.Tahu tujuan dari dibentuknya tim
Pertama, tim harus memiliki tujuan yang jelas. Masing-masing anggota tim harus memahami tujuan tersebut dan berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini sangat penting agar setiap anggota tim tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dan menyamakan ekspektasi antar masing-masing anggota. Dengan demikian maka kinerja tim akan menjadi lebih efektif dan produktif.

2.Membangun komunikasi yang baik antar anggota tim
Hendaknya dalam sebuah tim dibangun komunikasi yang terbuka, jujur dan saling menghargai antar anggota. Dengan demikian kinerja tim juga akan meningkat. Akan lebih baik jika komunikasi dilakukan secara langsung untuk menghindari adanya mis-komunikasi.

3.Menunjuk ketua tim dan menentukan peran masing-masing anggota
Ketua tim memiliki fungsi sebagai penanggung jawab, dan ketua tim tersebut hendaknya didukung oleh semua anggota tim. Selain itu setiap anggota tim juga harus paham jobdesk dan tanggung jawab masing-masing. Ketika bekerja dalam tim, kita harus pandai mengambil inisiatif dan pro aktif sesuai peran dan tanggung jawab kita. Kontribusi setiap anggota tim menjadi faktor penentu keberhasilan kinerja tim nantinya.

4.Melakukan mediasi dengan segera ketika terjadi konflik
Ada kalanya adu argumen atau konflik tidak dapat dihindari dalam sebuah tim. Namun jangan sampai konflik tersebut menghambat kinerja tim. Ketua tim dapat bertindak menjadi penengah ketika terjadi konflik. Ketua tim dapat memimpin jalannya diskusi dengan menanyakan pendapat dari masing-masing anggota tim mengenai opsi-opsi yang ada. Dengan demikian nantinya dapat diambil keputusan dan jalan tengah dari konflik yang terjadi. Yang terpenting setiap kali terjadi konflik harus segera diselesaikan dan jangan dibiarkan berlarut-larut karena akan mengganggu kinerja sehingga target tim tidak dapat tercapai.

 

(adm)