info@edubuku.com 0882-164-35325
Hobi Anda Jadi Bisnis?? Perhatikan Pertanyaan Berikut Agar Anda Sukses.
29 March, 2016
0

hobby
Sahabat edubuku dalam menjalankan bisnis yang dimulai dari hobi memang sangat menyenangkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa hobi atau kesukaan adalah salah satu cara untuk menghilangkan stres dan jenuh dalam suatu pekerjaan. Dengan menyalurkan hobi tesebut mungkin bisa sedikit mengurangi kejenuhan Anda yang kemudian bisa kembali semangat dalam menjalankan aktifitas pekerjaan. Banyak sekali sebenarnya peluang hobi jadi bisnis yang bisa dikerjakan jika Anda ingin menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan pemasukan.

Namun ada beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian Anda sebelum benar-benar memutuskan untuk menjadikan hobi Anda sebagai sebuah bisnis. Paling tidak sebelum Anda menjadikan hobi sebagai bisnis, perhatikan pertanyaan di bawah ini untuk meyakinkan diri Anda sendiri.

1. Mampukah Anda Menikmati Hobi Dalam Tekanan?
Melakukan suatu hobi tanpa adanya tekanan pasti akan sangat menyenangkan. Tentu berbeda menjalankan hobi dengan adanya target bisnis tertentu dengan sekedar menjalankan hobi untuk aktivitas rekreasi Anda. Perlu Anda ketahui, ketika hobi sudah menjadi sebuah bisnis, maka hobi sudah berubah menjadi sebuah pekerjaan dan tentunya akan membawa konsekuensi-konsekuensi tertentu.
Jangan sampai Anda mengesampingkan hal ini, karena tekanan yang terus terjadi dan berlangsung dalam intensitas yang tinggi bisa mempengaruhi cara pandang Anda tentang hobi. Jika Anda tetap mampu menikmatinya, maka peluang hobi yang Anda bisnis kan menjadi sukses sangat terbuka.

2. Sanggupkah Anda Menjalankan dari Hobi Jadi Bisnis Secara Konsisten?
Ini yang sering menjadi masalah pada beberapa pebisnis yang mengelola hobinya untuk bisnis. Konsistensi dalam mengelola hobi menjadi bisnis menjadi melemah dengan adanya banyak tekanan dan target yang terasa terus mengejar. Selain itu, meskipun itu adalah hobi, namun jika dilakukan secara terus menerus pasti rasa bosan akan datang.
Untuk itu, konsistensi dalam menjalankan bisnis dari hobi ini sangat diperlukan. Jangan sampai Anda berhenti di tengah jalan hanya karena bosan dengan apa yang Anda lakukan. Untuk itu, pikir dulu dengan baik, dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk langsung menjadikan hobi menjadi sebuah bisnis.

3. Apakah Hobi Anda Cukup Menjual?
Anda harus bijaksana memandang hal ini. Cukup menjualkah hobi Anda di pasar? jika tidak sama sekali, sebaiknya jangan jadikan ini sebagai bisnis. Lakukan riset dengan baik sebelum mengubah hobi menjadi bisnis yang menguntungkan.
Kumpulkan banyak informasi terkait dengan hobi yang Anda gemari. Jangan sampai setelah Anda menjalankan bisnis dari hobi ini ternyata sama sekali tidak ada peminat, tentu saja sangat merugikan bagi Anda. Melakukan riset yang tepat bisa menjadi kunci sukses Anda dalam mengelola hobi Anda menjadi bisnis yang menguntungkan.

4. Apakah Hobi Anda Tetap Menarik Di Masa Depan?
Sebelum memutuskan mengubah hobi jadi bisnis, Anda juga harus bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik. Apakah hobi Anda benar-benar bisa bertahan dan bahkan lebih menantang di masa yang akan datang. Atau hobi Anda hanya kesenangan yang bersifat musiman belaka. Pelajari dengan melihat lingkungan sekitar Anda.
Bagaimana masyarakat di lingkungan Anda melihat hal ini, apakah hobi yang Anda senangi ini dari dulu sampai sekarang masih banyak peminat atau mungkin semakin bertamabah. Ini menjadi sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda sendiri ke depan.

5. Bisakah Anda Membuat Batasan Antara Sebuah Hobi dan Bisnis?
Ketika Anda memutuskan menjadikan hobi jadi bisnis pribadi, tentu Anda harus membuat batasan yang jelas dengan keduanya. Anda harus bisa bekerja dengan profesional agar nantinya tidak mengecewakan konsumen. Jangan sampai Anda mengerjakan bisnis Anda sesuka hati tanpa ada kedisiplinan, atau hanya sekedarnya saja asal hobi sudah tersalurkan. Apalagi jika Anda melakukannya hanya di waktu senggang Anda, jika seperti itu, sebaiknya Anda urungkan niat untuk menjalankan bisnis dari hobi Anda.

Sahabat bukan berarti menjalankan hobi menjadi bisnis adalah suatu hal yang menakutkan. Namun intinya adalah persiapan yang matang dengan bisnis plan yang tepat akan semakin mendekatkan kesuksesan terhadap bisnis yang sedang Anda bangun dari hobi Anda. Jangan sampai dengan hobi yang Anda jadikan bisnis justru akan menghabisi diri Anda dengan tanpa Anda sadari.

Salam Sukses Mulia,