info@edubuku.com 0882-164-35325
Tips Bisnis
GREAT SYSTEM BIARKAN BISNIS BERJALAN TANPA ANDA
19 July, 2016
0

Sistem dalam perusahaan atau dalam dunia bisnis sangatlah penting. Akian tetapi banyak sekali pengusaha yang melalaikannya. Sistem dalam bisnis itu ibarat roda bergerigi didalam sebuah mesin yang saling menopang satu sama lain. Diharapkan dengan sistem yang baik bisnis dapat berjalan dengan sendirinya tanpa kita harus sering mengontrolnya. Didalam sistem bisnis sendiri ada beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu :

Pertama, Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah pembagian kerja secara formal yang bertujuan untuk membagi habis tugas-tugas yang ada dalam perusahaan. Didalam struktur organisasi ini harus memiliki pembagian yang matang sehingga tidak terjadi ketumpangtindihan kerja yang berakibat pada ketidak efektifan kerja.

Kedua, Standarat Operating Procedure (SOP)

SOP adalah serangkaian intruksi tertulis yang berisikan tentang proses penyelenggaraan perusahaan(kapan,dimana dan oleh siapa dilakukan). SOP sangat dibutuhkan dalam suatu usaha sebagai acuan atau indikasi apakah dalam usaha perlu adanya peningkatan kerja atau justru pengurangan kerja untuk meningkatkan efisiensi dan keefektifitasan kerja. Dan pembuatan SOP haruslah detail dan jelas agar tidak ada kerancuan kepada pegawai dalam bekerja

Ketiga, Balanced Score Card (BSC)

Fungsi BSC ini adalah sebagai alat untuk membantu suatu organisasi dalam mengartikan visi dan stragtegi kedalam aksi dan tindakan. Dalam konsep BSC ada empat yaitu prespektif keuangan, prespektif pelanggan, perspektif bisnis proses dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada buku “jurus jitu membangun bisnis berkah omset milyaran”.

Keempat, Flowchart

Flowcart adalah alat pemetaan sederhana untuk menunjukkan urutan proses tindakan agar mudah dibaca dan dikomunikasikan, fungsi flowchart antaralain untuk menambah pemahaman proses yang dilakukan, mempelajari perbaikan proses, sebagai alat komunikasi bagaimana proses dilakukan, sebagai alat komunikasi yang baik bagi team, dokumentasi proses dan perencanaan proyek. Contoh-contoh flowchart dan fungsi-fungsi simbol flowchart dapat dipelajari lebih mendalam di buku “jurus jitu membangun bisnis berkah omset milyaran”.

Kelima, Kaizen

Kaizen adalah perbaikan yang berkesinambungan yang berpandangan bahwa suatu perusahaan seharusnya berfokus pada perbaikan yang terus menerus baik dari dalam maupun dari luar. Dalam kaizen memiliki dua fungsi utama:

a. Perbaikan (Siklus P-D-C-A)

Kegiatan yang diarahkan pada meningkatkan standar yang ada untuk menjadi lebih baik lagi dengan perbaikan berkesinambungan

b. Pemeliharaan (Siklus S-D-C-A)

Pemeliharan SOP untuk menjaga karyawan selalu dalam standar perusahaan yang sudah ditentukan melalui pelatihan-pelatihan.

Siklus kaizen yaitu P(plan), penetapan target dan perumusan rencana; D(do), pelaksanaan rencana yang sudah dibuat; C(check), pemeriksaan prosedure apakah sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan; A(Act), menindak lanjuti ketiga langkah yang ditempuh sekaligus memutuskan prosedure baru untuk menghindari terjadinya kembali masalah dan menetapkan sasaran baru perbaikan. Setelah siklus PDCA ini selesai maka dilanjutkan dengan siklus SDCA(Standarize-Do-Check-Act). Untuk penjelasan kaizen lebih mendalam bisa di pelajari di buku “jurus jitu membangun bisnis berkah omset milyaran”.

Penulis : Marcomm
Sumber : Jurus Jitu Membangun Bisnis Berkah Omset Milyaran