info@edubuku.com 0882-164-35325
BERBISNIS IKHLAS KARENA ALLAH
2 August, 2016
0

Dari Amiril Mukminin Abu Hafsh Umar bin Khathab bin Naufal bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurth bin Razah bin Adiy bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib Al-Qurasyiy Al-Adawiy ra., ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Setiap amal disertai dengan niat. Setiap amal seseorang tergantung dengan apa yang diniatkannya. Karena itu, siapa saja yang hijrahnya (dari Mekkah ke Madinah) karena Allah dan Rasul-Nya. (melakukan hijrah demi mengagungkan dan melaksanakan perintah Allah dan utusan-Nya), maka hijrahnya tertuju kepada Allah dan Rasul-Nya (diterima dan diridhai Allah). Tetapi siapa saja yang melakukan hijrah dem i kepentingan dunia yang akan diperolehnya, atau karena perempuan yang akan dinikahinya, maka hijrahnya sebatas kepada sesuatu yang menjadi tujuannya (tidak diterima oleh Allah).”(HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam berbisnis dan menitih karir tujuan anda adalah dunia, bukan?. Anda ingin kaya, memiliki mobil mewah, memiliki istri yang cantik, anak yang banyak, ingin menjadi orang yang dihormati atau masih banyak lagi yang intinya adalah dunia. Dan bila anda tidak mendapatkan semuanya, bagaimana perasaan anda? Apakah anda akan merasa kecewa sehingga anda akan melakukan segala cara untuk mendapatkan segalanya tanpa anda harus peduli dengan yang halal atau yang haram ataukah anda akan menyalahkan Tuhan karena Tuhan tidak adil? Pernahkah anda berpikir dalam anda memutuskan berbisnis atau bekerja yang anda niat kan adalah ikhlas karena Allah? Padahal Allah akan memudahkan dan melapangkan hati bagi hambanya yang menginginkan Akhirat sebagai tujuannya dan menyempitkan hati bagi hambanya yang hanya menginginkan dunia. Dan Allah tidak akan menerima amalan seseorang yang niatnya tidak ikhlas karena Allah.

Dalam berbisnis anda akan menemui banyak sekali rintangan. Rintangan itu berbagai macam ada yang berasal dari pesaing, keluarga, ekonomi, tidak ada pembeli dan masih banyak lagi. Dalam buku jurus jitu membangun bisnis berkah omset milyaran anda akan mendapatkan sebuah pemaparan (40% bisnis jatuh di tahun ke 2 80% jatuh ditahun ke 5 96% jatuh ditahun ke 10 dan yang hanya bertahan 4% saja). Bagaimana anda masih menginginkan bisnis sebagai tujuan untuk mendapatkan dunia?. Bila anda masih menginginkan bisnis hanya untuk tujuan dunia maka ujung-ujungnya anda akan merasakan kekecewaan. Yang jelas anda sudah mengerahkan segala upaya, yang terjadi adalah kegagalan. Jika yang anda inginkan adalah akhirat, anda akan merasakan ketenangan ketika menerima kegagalan. Mengapa? Karena apa yang anda lakukan tidaklah sia-sia, Malaikat akan selalu mencatat amalan yang anda lakukan dan suatu saat akan dibalas oleh Allah. Ketenangan inilah yang dibutuhkan seorang pebisnis untuk bangkit. Tanpa hati yang tenang anda tidak akan bisa memiliki pemikiran yang jernih. Tetaplah anda berusaha, Belajarlah, Berdoalah dan pasrahkan segala urusan kepada Allah saja.