info@edubuku.com 0882-164-35325
Enam Hal Yang Harus Dimiliki Pengusaha
26 October, 2016
0

money-1685930_1920Sahabat sekaliann, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis hendaknya kita membuat perencanaan yang matang akan bisnis yang akan dikerjakan. Membuat bisnis plan merupakan langkah yang wajib dilakukan oleh pengusaha. Dalam bisnis plan tercakup produk apa yang dibuat, siapa target marketnya, apa yang menjadi keunggulan produk, dan strategi apa yang harus diambil agar produk dikenal oleh konsumen.

Memiliki perencanaan dan business plan saja belumlah cukup untuk mulai berbisnis jika tidak dibarengi dengan keyakinan untuk memulai. Seringkali seseorang yang akan memulai usaha dihinggapi kecemasan, kekhawatiran, atau merasa pesimis dengan apa yang akan dilakukannya. Ingatlah menjadi seorang pengusaha sukses tidak dapat diraih dalam sekejap mata, tanpa melalui jalan terjal dan harus menghadapi berbagai rintangan. Untuk itu perlu memiliki keyakinan dalam diri sebagai pematik api semangat kita.

Menjadi Pengusaha Sukses

Berikut adalah faktor-faktor penentu seseorangn menjadi pengusaha sukses.

1.Dream big
Jangan pernah memandang remeh mimpi-mimpi Anda. Impian besar Anda merupakan motivasi yang akan selalu mendorong Anda untuk berpikir positif dan memotivasi diri. Tuangkan impian Anda ke dalam ide bisis yang akan Anda jalankan

 

2.Pantang menyerah
Kegagalan yang terjadi merupakan bagian dari tahap mencapai keberhasilan yang jamak terjadi pada usaha apapun. Menghadapi kegagalan dengan sikap tidak mudah menyerah dan berpikiir positif akan membuat Anda semakin matang dalam menyikapi berbagai masalah.

 

3.Bertanggung jawab
Fokus pada visi dan misi yang sudah ditentukan serta bertanggung jawab penuh atas apa yang sudah Anda rencanakan, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk keluarga dan orang-orang sekitar Anda. Dengan demikian tujuan dan langkah Anda dalam menjalankan bisnis akan lebih terarah.

 

4.Be positive
Selalu berpikir dan bertindak positif dalam segala hal. Tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga Anda untuk menanggapi isu-isu yang dapat menghambat jalannya usaha Anda. Memiliki sikap positif akan membuat Anda menghadapi masalah yang sulit menjadi lebih mudah ditangani.

 

5.Berbagi
Pelaku usaha diharapkan memiliki sikap berani untuk menyatakan pendapat dan membagi ilmu yang dimilikinya. Tidak perlu takut untuk membagi dan membicarakan bisnis atau produk yang Anda geluti dengan pengusaha lain. Berbagi pengalaman dan ilmu kepada pengusaha merupakan sarana untuk terus menanbah wawasan dan jaringan. Selain itu dengan berbagi ilmu maka akan membawa keberkahan tersendiri bagi usaha Anda.

 

6.Ikhtiar dan doa
Melakukan apa yang menjadi tujuan Anda dengan maksimal tanpa diiringi dengan doa maka akan sia-sia. Sang Khalik yang paling dekat dengan hasil dari semua yang Anda kerjakan. Karena Dia yang paling tahu apa yang terbaik bagi Anda.
Sahabat sekalian, selain beberapa point diatas hal yang paling penting yang harus dimiliki seorang pengusaha adalah ilmu agama (pengetahuan hukum syara’) karena Ali bin Abi Tholib ra. Mengatakan :

“Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.” (Mughnil Muhtaj, 6/310)

Semoga kita menjadi pebisnis yang selalu terikat dengan hukum syara’. Sebab percuma, bisnis anda sukses di dunia, tapi anda menderita di akhirat gara-gara bisnis.

#YukHijrahBisnis
#ModalTanpaRiba

Referensi : pengusamuslim(dot)com