info@edubuku.com 0882-164-35325
Syarat Rezeki
25 November, 2016
0

children-1822471_1920SETIAP manusia tentu memiliki masalah dan kebutuhan. Untuk itu, seseorang harus memiliki solusi untu setiap masalahnya dan rezeki untuk memenuhi kebutuhannya. Hanya, tentu hal ini tidaklah mudah. Sebab, kita harus berusaha dan kesungguhan jiwa dan raga.

Jika dengan raga, tentu saja kita berusaha dengan melakukan sesuatu. Tapi, jika jiwa belum memikirkan akan melakukan apa, maka Anda akan merasakan kebingungan. Hal inilah yang menjadi masalah lanjutan dalam hidup Anda. Oleh sebab itu, perlu adanya keseimbangan antara jiwa dan raga dalam berusaha untuk menggapai sebuah solusi dan rezeki.

Untuk memperoleh solusi dan rezeki itu, Anda juga jangan hanya melakukan amalan yang bersifat lahiriyah saja. Amalan hati pun perlu Anda lakukan. Sebab, hal ini yang akan menjadi pendorong bagi Anda untuk memperoleh solusi dan rezeki lebih mudah. Lantas, amalan hati apa yang harus dilakukan?

Dilansir dalam motivasi-islami.com bahwa ada dua syarat amalan hati yang menjamin datangnya solusi dan rezeki. Apakah itu? Yakni, takwa dan tawakal. Ini adalah dua di antara banyak amalan hati yang akan memastikan Anda mendapatkan solusi dan rezeki yang Anda butuhkan. Kok bisa?

Sebab, Allah berfirman, “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu,” (QS. Ath-Thalaaq: 2-3).

Jika kita bertakwa kepada Allah, Allah sudah menjanjikan dua hal. Pertama, jalan keluar. Dalam bahasa kita adalah solusi. Jadi, jika Anda banyak masalah namun begitu sulit mendapatkan solusi, mungkin saja ketakwaan masih kurang. Kedua, rezeki yang tidak disangka-sangka arahnya. Dalam tafsir Al-Muyassar dijelaskan bahwa Allah memudahkan segala sebab datangnya rezeki dari arah yang tidak terlintas di benaknya, tidak juga dari arah yang tidak disangka-sangkanya.

Kemudian sebagai balasan orang yang tawakal, Allah akan mencukupkan segala urusan yang membuatnya khawatir.
Jadi, jika hidup masih jauh dari solusi, banyak kekurangan, dan banyak kehawatiran, yuk kita evaluasi diri apakah takwa dan tawakal kita sudah mantap atau belum. Sambil terus berusaha melalui amalan lahiriyah, mantapkan juga takwa dan tawakal di dada kita. []

Sumber : islampos.com