info@edubuku.com 0882-164-35325
Bisnis
SISTEM, TEAM, STRATEGY !!!
25 April, 2017
0

Salam bisnis syariah aplikatif edubuku.com. Pernah tidak kamu membandingkan sama-sama laundry, yang laundry a agak mahal rame trus punya cabang dimana-mana, yang laundry b murah biasa saja dan gak punya cabang? Mungkin anda bilang oooh itu karena tempatnya saja yang strategis atau oooh itu pelayanannya aja yang beda karena laundry lebih ramah atau ooh karena laundrya lebih bersih atau oooh laundry a sering melakukan iklan dan promo atau yang lainnya. Sepintas kamu pasti melihatnya mudah, tapi giliran anda membuat usaha laundry jeng-jeng-jeng sepiiiii deh atau bisa jadi ada pemasukan tapi tetep aja rugi, padahal anda sudah buat sesuai dengan perkiraan anda setelah anda melihat laundry a yang rame bahkan anda memberikan kualitas yang lebih baik dari laundry a. Lantas apa penyebabnya??? Ada 3 aspek yang kebanyakan pengusaha pemula atau mungkin pengusaha yang sudah memulai tidak disadari sehingga stagnan atau malah bangkrut, apa saja aspek itu? Dalam buku jurus jitu membangun bisnis berkah omset milyaran dijelaskan ada 3 aspek penting yang menyebabkan bisnis itu mampu tumbuh berkembang, aspek itu adalah great team, great strategy dan great sistem. Memang agak ribet dan buat kamu harus menghabiskan waktu yang agak lama, tapi dengan ke 3 aspek ini resiko bisnis dapat diminimalisir bahkan dihindari.
Great team
Jangan kamu bayangkan team itu harus banyak, bisa jadi cuman kamu seorang, kamu yang jadi leader dan kamu sendiri yang mengerjakannya. Seperti kamu membuat sebuah permainan, ada aturan main yang baku dan harus dipatuhi, bila kamu melanggar kamu dapet sangsi, bila kamu mampu mengerjakan atau bahkan melebihi apa yang kamu kerjakan kamu bisa dapat hadiah. Yang harus diingat dalam aturan main itu haruslah tercatat dengan baik, catatan itu nantinya yang bakal buat kamu lebih mudah dalam merekut karyawan, kamu juga bisa pakai DISC untuk menentukan karyawan sepeti apa yang kamu butuhkan.

Great strategy
Nah strategy ini yang outputnya adalah apa saja yang bakal kamu lakukan nantinya agar bisnis kamu bisa berkembang. Rumus untuk men dapatkan strtegi yang mantap adalah amati-rencankan-lakukan-hasil- gagal-amati-rencanakan-hasil-lakukan terus hingga sukses. Maslah waktu untuk amati-rencanakan-lakukan itu terserah kamu. Kamu bisa gunakan tools-tools yang mudah dan murah untuk membuat strategy yang kamu ingin buat seperti kipling, swot, ishikawa dll
Great sistem
Biasanya pengusaha yang baru mulai males banget tuh bikin sistem, giliran udah maju baru kelabakan hehehe. Sistem yang dibuat lebih awal itu bikin bisnis mu lebih terstruktur, rapi dan mudah dikendalikan, pas bisnis berkembang udah enak tuh gak usah pusing lagi. Kalau mau cari pemodal, bikin proposal juga jadi gampang dan ngeyakinin pemodal jagi gampang, karena kamu udah nguasai bisnismu sendiri, beda kalau kamu gak buat sistem dari awal, semuanya jadi berantakan, bingung mau ngejalisin bisnis sendiri ke pemodal, lha wong gaji karyawan aja gak jelas, gimana pemodal bisa yakin.