info@edubuku.com 0882-164-35325
Bisnis
Bagaimana Cara Membuat Laporan Keuangan ? Pengusaha Wajib Tau
23 August, 2017
0

Menjadi pengusaha sukses merupakan impian semua orang, bahkan banyak orang melakukan segala cara untuk menjadi pengusaha kaya dan sukses, hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, mengingat di era gloalisasi sekarang ini, banyak bermunculan macam – macam bentuk bisnis yang beraneka ragam, dari model yang tradisional atau sederhana sampai dengan bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih saja, bahkan sekarang hampir semua produk, baik barang ataupun jasa sudah menggunakan media online sebagai wadah untuk pemasarannya.
Namun untuk menjadi seorang pengusaha sukses tidaklah cukup hanya dengan mempunyai kemampuan membuat produk yang bagus dan menarik, mencari cara menjual produk dengan baik, melayani calon pelanggan dengan sopan dan ramah atau bukan bagaimana cara kita memilih bisnis yang cocok untuk kita, tetapi sebenarnya bisnis apapun yang kita jalankan pasti dapat menjadikan kita seorang pengusaha yang sukses jika saja bisnis yang dijalankan dapat dikelola dengan baik dan benar.
Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan benar?
Salah satu cara mengelolah bisnis yang baik dan benar adalah bagaimana cara perusahaan mengelola keuangannya, perusahaan harus mempunyai cara membuat laporan keuangan untuk mengetahui segala aktivitas aliran dana yang masuk atau keluar dari keuangan perusahaan. Ini akan menjadi masalah besar jika tidak dikelola dengan baik, sehat tidaknya perusahaan bisa dilihat dari laporan keuanganya dan ini akan menjadi kekuatan perusahaan dalam menentukan sebuah analisa dan pengambilan keputusan perusahaan. Dalam hal ini, pengusaha wajib tahu cara membuat laporan keuangan perusahaan.
Berikut adalah beberapa tips cara membuat laporan keuangan perusahaan:
1. Disiplin dalam pencatatan transaksi
Penting halnya bagi pengusaha untuk mengetahui kemana saja keuangan perusahaan digunakan, untuk mengetahui hal tersebut, perusahaan dalam hal ini pimpinan harus selalu update mendapatkan informasi tersebut secara realtime untuk membantu perusahaan dalam menentukan pengambilan keputusan.
2. Membuat Anggaran Belanja Perusahaan
Tidak sedikit perusahaan mengabaikan dalam membuat anggaran, padahal perencanaan ini sangat membantu perusahaan dalam menganalisa perputaran keuangan sehingga dapat menghindari over budget ataupun kerugian dalam menjalankan bisnis. Dengan membuat anggaran, perusahaan bisa dengan mudah mengatur arus kas, laba rugi untuk menekan biaya – biaya yang lebih tinggi.
3. Membuat Alur Pencatatan Transaksi
Setiap perusahaan apapun bidang usahanya, biasanya mempunyai alur pencatatan keuangan yang berbeda – beda, proses pencatatan seperti permintaan barang, penjualan dan pembelian, hutang piutang, kas masuk, kas keluar, jurnal transaksi hingga laporan keuangan dapat memudahkan perusahaan dalam membuat analisa keuangan.
4. Menggunakan Program Keuangan
Membuat laporan keuangan bisa dikatakan gampang-gampang susah, dikatakan gampang jika pencatatan transaksinya sederhana dan tidak banyak atau periodenya pendek, namun jika pencatatan transaksi yang dilakukan cukup banyak dengan periode yang lama bukan tidak mungkin ini sangat menyulitkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan, hal inilah yang biasanya menjadi hambatan perusahaan dalam menyajikan laporan keuangan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.
Dalam hal ini biasanya perusahaan mencari solusi dengan menggunakan program keuangan untuk membantu memudahkan perusahaan membuat laporan keuangan, dengan program keuangan tersebut, perusahaan tidak perlu lagi menunggu lama ataupun sibuk memikirkan bagaimana caranya mengetahui jurnal, hutang piutang tak tertagih ataupun laporan – laporan lain, biasanya perusahaan dalam hal ini pengguna program keuangan sudah langsung mendapatkan laporan yang diingikan hanya dengan input transaksi seperti penjualan pembelian dan transaksi -transaksi operasional.
Beberapa poin diatas merupakan kiat-kiat seorang pengusaha untuk memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan, cara tersebut akan terlihat mudah jika dilakukan dengan konsisten dan disiplin, karena inti dari membuat laporan keuangan adalah melakukan rutinitas pencatatan transaksi dengan tepat waktu (tidak menunda – nunda yang mengakibatkan menumpuknya pekerjaan yang menghambat proses laporan keuangan). Pada dasarnya cara membuat laporan keuangan tidaklah sulit, hanya butuh kemauan bagi pengusaha untuk lebih teliti dalam mengelola keuangannya dengan cara melakukan pencatatan transaksi dengan disiplin, pemeriksaaan rutin laporan, audit dan pertemuan untuk pembahasaan mengenai analisa laporan keuangan perusahaan itu sendiri.