info@edubuku.com 0882-164-35325
Bisnis
Melihat Pasar Untuk Usaha Pemula
9 January, 2018
0

Segmentasi pasar adalah salah satu langkah dalam menetapkan dan mengarahkan ke pasar tertentu. Ini adalah proses pembagian pasar kedalam kelompok pembeli yang berlainan, yang memerlukan produk atau pemasaran yang berbeda pula.

Kunci keberhasilan dalam pasar saat ini adalah menemukan perbedaan yang tipis dalam bisnis sebagai ujung tombak marketing. Bisnis dengan sasaran pasar khusus akan mempromosikan produk dan layanannya lebih efektif daripada bisnis yang ditujukan bagi konsumen “rata-rata”

Peluang dalam marketing meningkat ketika ditemukan kelompok klien tertentu dan konsumen dengan kebutuhan dan keingin yang beragam . Pasar dapat dipilah atau ditujukan dengan menggunakan beragam faktor. Dasar segmentasi pasar konsumen meliputi:

* Dasar Demografis (usia, ukuran keluarga, daur hidup, pekerjaan)

* Dasar Geografis (negara bagian, wilayah, negara)

* Dasar Perilaku (pengetahuan produk, penggunaan, sikap, respon)

* Dasar Psychographic (gaya hidup, nilai-nilai, kepribadian)

Perusahaan-perusahaan besar melakukan segmentasi pasar dengan melakukan proyek penelitian pasar. Riset ini merupakan investasi yang terlalu besar bagi usaha kecil, namun ada beberapa alternatif bagi usaha kecil dalam melakukan segmentasi pasarnya.

Sebuah usaha kecil dapat melakukan hal berikut untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi bagaimana melakukan segmentasi pasar mereka:

1. Gunakan sumber data secondary dan riset kualitatif. Anda dapat menggunakan sumber berikut sebagai data secondary eksternal:

* Publikasi perdagangan dan asosiasi serta dari para ahli

* Publikasi penelitan dasar

* Layanan pengukuran eksternal

2. Melakukan faktor informal dan analisa kluster dengan :

* Mengamati upaya pesaing penting dan mencotohnya

* Berbicara dengan pembeli penting mengenai pengenalan produk baru

* Melakukan analisa kepentingan dari riset kualitatif dengan individu dan kelompok

Ada banyak alasan membagi pemasaran kedalam segmen yang lebih kecil. Kapanpun anda menduga adanya perbedaan yang signifikan dan terukur pada pasar anda, anda harus mempertimbangkan segementasi pasar. Dengan demikian, anda akan mempermudah marketing, menemukan ceruk pasar dan menjadikan sumber marketing anda menjadi lebih efisien.