Bisnis

Ingin Bisnis Cepat Besar, Rekrut Tim!!

Posted On Agustus 21, 2018 at 11:04 am by / No Comments

Jika Ingin Besar Rekrut Tim

Oleh Joe Minanurrohman

Baik, beberapa hari yang lalu saya dicemooh orang karena terlalu banyak bikin status kiat sukses ini dan itu..

Saya bukan motivator, sebut saja saya ustadz facebook yg mencari jamaah setia 😉

Banyak cibiran, apakah capek?

Tidak… biarkan mereka capek sendiri membaca tulisan saya. kalau sudah capek mereka akan mudah merenung. Karena menulis itu juga tidak mudah. Bocoran nih, penulis berita hoax saja mereka butuh perjuangan membikin artikel sensasi apalagi penulis umum seperti saya.

Kali ini saya sedikit bercerita sebuah kesuksesan seorang wanita yang bisnis online. Walaupun wanita ini istri seorang CEO marketplace terkenal Bukalapak tapi tidak menghalangi terjun bisnis sendiri hingga mencapai kesuksesan luar biasa.

Dialah pemilik Hijub, Diajeng Lestari Soekotjo, yang Agustus kemarin mendapat penghargaan dari Google For Indonesia untuk startup. Saat ini karyawannya 120 orang loh, dengan melibatkan120 desainer.

Memulai bisnis di tahun 2011, namun 1 tahun berjalan bisnis ibu jebolan UI ini mandeg dijalan. Bahkan terjadi penurunan dan cuti akibat hamil anak pertama.

Selama cuti dia kembali memikirkan segala kekurangan bisnisnya. Yah..ternyata kelemahan bisnisnya karena semua dikerjakan sendiri mulai pemasaran, packing, cari produk…dll.

Saat itu juga, dia memulai merekrut orang-orang terbaik untuk bagian keuangan, dan desainer. Mulai dari sinilah bisnisnya mulai berkembang.

Kita tinggalkan cerita diatas, intinya dibawah ini..

Konsep Jamaah dalam Berbisnis

Membangun tim bisa juga saya artikan sebagai konsep jamaah dalam berbisnis. Mempunyai daya dobrak kuat untuk melibatgandakan keuntungan karena kita sedang membangun sistem.

Kita lihat masalah shalat jamaah saja, sebuah sistem rabbani ini mempunyai kelebihan pahala 27 derajat daripada shalat sendiri. Disana ada tugas penyiarannya melalui adzan dan iqamat yang orang mendengarkannya harus berbondong-bondong mendatangi panggilan. Dan shalat jamaah melibatkan sebagian besar masyarakat sehingga tercipta ritme keuntungan akhirat secara berlipat.

Beda halnya shalat sendiri yang hanya mengail sebagian kecil pahala.

Dalam masalah bisnis Anda melakukan sendiri sama halnya Anda sedang bercapek-capek. Paling banter keuntungan akan kembali ke diri sendiri.

Merekrut tim, Anda tidak hanya mempercepat kesuksesan, tapi menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Mengkaryakan mereka, memberi pekerjaan mereka dan membantu mereka.

Sayakan Tipe Multitasking?

Baik jika Anda multasking sejati, seberapa hebatkah otak Anda melakukan semua hal dalam waktu bersamaan. Misalkan, Anda naik motor sambil mendengar radio dan sambil baca sms. Apa yang terjadi?

Mungkin Anda sanggup melakukannya, tapi saya yakin hanya temporary. Jika melakukan setiap saat tentu sangat membayakan diri Anda sendiri.

Saya pernah berbisnis jualan distro anak, bagaimana penatnya saya harus desain sendiri, cari bahan sendiri, cari penjahit, cari tukang sablon, memasarkan sendiri dan mencatat keuangan sendiri. Dan ternyata bertahan hanya beberapa bulan saja 🙂

Jika Anda sudah berkeluarga untuk membuat tim sederhana cukup melibatkan istri dan anak-anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *